Ngopi ungkapan ini kemudian menjadi sangat populer di Indonesia, Ngopi bareng adalah alat komunikasi baru untuk menggambarkan gaya hidup seseorang, ngopi yuk, adalah simbol dari ekspresi kehangatan untuk membangun peradaban. Dibalik kebiasaan ngopi di cafe masyarakat saat ini, tentunya membuka peluang bisnis nan trendi dan terupdate.
Buka usaha kopi bukan lagi hanya milik pemodal besar, para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pun kini dapat memulai membuat rencana usaha kedai kopi atau warkop kecil-kecilan, usaha kedai kopi memiliki prospek cukup menjanjikan.
loading...
Daftar Isi
Memulai rencana usaha kedai kopi atau warkop dari halaman teras rumah pun dapat kamu wujudkan, dengan menyulap space kecil halaman rumah menjadi kedai kopi atau warkop sederhana namun bisa bikin pengunjung betah.
Banyak macam jenis usaha kopi dan warkop yang memulai brand sendiri saat ini starbucks, max coffee, excellco bukan lagi satu-satunya pelaku bisnis kopi penguasa pasar.
Kini brand lokal hadir menjadi pesaing baru brand - brand besar tersebut, mulai menunjukan eksistensi nya dalam bisnis paling menjanjikan ini.
Sebut saja kopi janji jiwa, anomali coffee, sabang16, wisang kopi, brand lokal ini kini sudah cukup terkenal dengan membuka banyak cabang di Indonesia.
![]() |
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay |
Bagi Anda sangat membutuhkan contoh proposal usaha kedai kopi, proposal untuk bisnis Coffee Shop ngopi yuk Uhuy dapat menjadi contoh proposal coffee shop sederhana.
Ada lebih banyak contoh rencana bisnis untuk rencana kedai kopi, dapat Anda dapatkan di mesin pencari google.
Informasi dan Bisnis yang dilaksanakan :
Nama usaha kami dirikan merupakan ngopi yuk uhuy, seluruh kopi kami sediakan menggunakan teknik penyajian manual brewing, serta mesin expresso, tetapi tata cara manual brewing lebih kami anggap sangat cocok digunakan buat memperoleh cita rasa berbeda serta unik. penyajian dengan metode manual brewing merupakan sejarah penyeduhan kopi tertua berasal dari turki serta masih jadi trend hingga di kala ini spesial nya untuk penikmat kopi.
Visi Usaha
Mendirikan usaha kedai kopi dengan keunikan tertentu dalam perihal citarasa kopi saat disajikan supaya mempunyai energi saing besar terhadap bisnis sejenis
Misi Usaha
1. Membagikan pelayanan terbaik dari segi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.
2. Menghasilkan sajian kopi dengan citarasa unik serta kekinian
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
Saat ini prospek usaha kedai kopi kekinian kian tumbuh pesat khususnya di Sulawesi Tengah, ngopi menjadi trend baru ditengah masyarakat, melihat perubahan gaya masyarakat saat ini, semakin dinamis dan modern, tentunya ini merupakan prospek pasar sangat menjanjikan.
LATAR BELAKANG USAHA
Saat ini ngopi menjadi sebuah alat komunikasi baru untuk menggambarkan gaya hidup seseorang, simbol ngopi bareng dianggap paling manusiawi dipakai saat ini untuk dapat berkumpul dengan rekan bisnis, teman, bahkan keluarga, sehingga kedai kopi merupakan pilihan paling banyak dicari saat ini. Maka dari itu bisnis kedai kopi pun semakin menjanjikan, Kedai ngopi yuk uhuy menjadi bagian dari perubahan tersebut, dengan memberikan kualitas dan mutu terbaik serta harga relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.
TUJUAN ATAU POTENSI DAN PEMBAGIAN WAKTU
Tujuan dari usaha ini adalah sebagai Tempat ngopi dengan teknik manual brewing, dapat membuat siapa saja ketagihan.
KEUNIKAN PRODUK ATAU PELAYANAN
Adapun keunikan produk atau pelayanan dari usaha kedai ngopi yuk uhuy
Harga produk cukup terjangkau .
Cita rasa kopi cukup unik karena dari biji kopi lokal Indonesia dan tentu dapat memuaskan konsumen.
Tempat didesign senyaman mungkin untuk ngopi bareng.
ANALISIS USAHA
PENELITIAN DAN ANALISIS
A. TARGET PASAR ATAU KONSUMEN
- Penikmat kopi
- Masyarakat
- Mahasiswa
UKURAN DAN TREN ATAU KECENDERUNGAN PASAR
Berdasarkan penelitian kami, kecenderungan konsumsi kopi kini menjadi trend baru di masyarakat kita, ngopi di kedai atau cafe menjadi cara baru untuk menikmati secangkir kopi.
SITUASI PERSAINGAN
Situasi persaingan yang saya hadapi mengingat banyaknya kedai kopi bermunculan saat ini, dalam mendirikan usaha kedai kopi membuat persaingan cukup ketat dan bersaing ketat.
PENELITIAN DAN ANALISIS
TARGET PASAR ATAU KONSUMEN
- Penikmat kopi,
B. UKURAN DAN TREN ATAU KECENDERUNGAN PASAR
Berdasarkan penelitian, kecenderungan konsumsi kopi kini menjadi trend baru di masyarakat kita, ngopi di cafe menjadi cara baru untuk menikmati secangkir kopi.
SITUASI PERSAINGAN
Situasi persaingan yang saya hadapi mengingat banyaknya kedai kopi bermunculan saat ini, dalam mendirikan usaha kedai kopi membuat persaingan cukup ketat dan bersaing ketat
RENCANA PEMASARAN
STRATEGI PASAR
Strategi pemasaran y dilakukan :
a) Keterangan Produk
olahan kopi dari biji kopi fresh dan diproses dengan teknik manual. untuk menciptakan rasa unik, maka masyarakat luas tentu tertarik dan penasaran serta puas dengan menu kopi di tempat kami.
b) Keunggulan Produk dan Jasa
Disini kami tidak hanya menyediakan menu kopi, tetapi saya berusaha memadukan kopi dengan berbagai rasa, misalnya rasa coklat dan lain- lainnya.
c) Harga Produk
Harga cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Harga tersebut tergantung dari biji kopi , semakin mahalnya harga biji kopi yang digunakan seperti biji kopi import, tentunya semakin tinggi pula harganya.
d) Jalur Penjulan
Kedai kopi uhuy, memiliki beberapa cabang kedai kopi di sulawesi tengah .
MASALAH PENETAPAN HARGA
Harga yang dikenakan adalah harga yang diperkirakan cukup terjangkau oleh masyarakat sekitar. Adapun permasalahannya adalah apabila harga bahan baku kopi import lagi tinggi, dan bahan pelengkap lainnya yang kami gunakan ikut naik juga adanya beberapa beban bakal kami perhitungkan, maka produk tersebut tidak terlalu laku di pasaran karena beralih ke produk lain yang lebih murah. Namun, saya selaku wirausahawan handal, mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut.
PERIKLANAN DAN PROMOSI
Untuk promosi prioritas utama saya adalah melalui media social dan media masa.
PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN
PENGEMBANGAN DAN RENCANA DESAIN
Usaha ini hendak terus saya kembangkan dengan semangat dan komitmen kuat, bahkan saya dengan mencoba membuka lebih banyak cabang ditempat lain. dengan menciptakan banyak tambahan menu dan variasi, pelayanan cepat adalah keunggulan kedai uhuy, untuk menghilangkan rasa bosan pengunjung dapat belajar cara membuat kopi dengan menggunakan teknik manual brewing modal pengembangan usaha bakal kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.
4.2 HASIL- HASIL PENELITIAN
Menurut hasil penelitian saya, usaha- usaha kedai kopi di daerah Sulawesi Tengah ini kurang melakukan promosi, variasi menu kopi kurang bervariasi, sistem pelayanan pun cukup lambat.
ASPEK MANAJEMEN
Weaknes (Kelemahan)
1. Bahan baku kopi yang sulit didapatkan
2. Biji kopi mudah rusak jika penyimpanan dilakukan sembarangan atau di tumpuk
Oportunity (Peluang)
a. Kondisi masyarakat semakin modern dan dinamis.
b. Kebutuhan pasar semakin meningkat
Threaty (Ancaman) :
Munculnya produsen - produsen baru sejenis yang berusaha menyaingi usaha, dengan beraneka ragam promosi diskon, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.
ASPEK RESIKO
MASALAH – MASALAH YANG POTENSIAL
Masalah- masalah kami alami dalam mendirikan usaha kedai kopi adalah banyaknya usaha berjenis sama. Namun demikian, saya berusaha membuat olahan kopi agar memiliki citarasa berbeda dan unik serta ramah lingkungan. Masalah yang dialami oleh beberapa usaha yaitu masalah mengenai keuangan. Oleh karena itu, saya berusaha mengatur semua aspek keuangan.
RESIKO DAN HAMBATAN
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya kedai kopi dengan harga lebih murah, adanya manajemen pengelolahan kurang rapi, tingginya harga biji kopi, tempat kurang strategis, respon dari masyarakat kurang baik dan lainnya.
TINDAKAN ALTERNATIF
Berikut ini adalah tindakan- tindakan alternatif kami dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko tersebut:
- saya bakal membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan saya tentu merancang sistem akuntansi sederhana .
- saya bakal membangun komunitas ngopi pagi.
- saya bakal membuat ciri khas tertentu pada menu kopi, agar beda dari kedai kopi lain, baik dari segi prasarana dan kualitas, serta harga terjangkau.
Strength (Kekuatan)
harga semua menu di kedai ngopi yuk uhuy cukup terjangkau oleh kalangan
kualitas kopi menggunakan olahan biji kopi berkualitas baik dan sangat terjamin, karena dalam proses
Weaknes (Kelemahan)
1. Harga biji kopi tinggi
2. Biji kopi tentu mudah rusak jika penyimpanan dilakukan sembarangan
Oportunity (Peluang)
a. Kondisi masyarakat semakin konsumtif, dan modern mempermudah saya untuk memasarkan kedai kopi uhuy.
b. peminat kopi semakin meningkat
Threaty (Ancaman) :
Munculnya kedai -kedai kopi baru sejenis, berusaha menyaingi peru
BAB VII ASPEK FINANSIAL
PERKIRAAN FINANSIAL
A. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
Apabila saya menjalankan usaha ini dengan lancar dan sukses, maka secara otomatis saya bisa mendapatkan beberapa keuntungan besar. saya berusaha agar usaha ini tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan manajemen keuangan k.
B. Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)
Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan dan biaya - biaya yang hendak keluar yaitu :
harga dan menu di kedai ngopi yuk uhuy cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
Kualitas dan keunikan rasa kopi kami sangat berbeda dan sangat terjamin kualitasnya dari olahan biji kopi masih fresh, semua sajian makanan dan minuman kami buat dengan proses pembuatan nya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
loading...
loading...
Comments
Post a Comment