Idealnya sebelum kita mulai mendirikan bisnis, entah itu bisnis makanan, minuman, pakaian, jual beli mobil, travel, penginapan, dll. kita harus benar-benar paham dengan bisnis yang akan kita jalankan, dibutuhkan semacam proposal bisnis plan dengan tujuan, agar bisnis kita kelak, dapat berjalan sesuai keinginan dan rencana.
Biasanya sebelum memulai bisnis, kita membuat proposal bisnis plan terlebih dahulu, hal ini bertujuan, memberikan gambaran mengenai usaha yang akan kita jalankan terkait dengan ketersediaan bahan baku, biaya- biaya yang dibutuhkan , proses produksi dan lainnya.
Proposal bisnis plan terkait dengan analisis SWOT, modal, detail produk atau layanan yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal bisnis plan memiliki berbagai jenis dan dibedakan berdasarkan bidang usaha yang akan dikembangkan.
![]() |
Gambar oleh tomekwalecki dari Pixabay |
Misalanya pada contoh proposal bisnis makanan, dalam artikel ini, sedikit menjelaskan gambaran umum bagaimana proposal bisnis plan usaha makanan biasanya dibuat :
Contoh proposal bisnis menjual makanan ayam bakar uhf.
Ringkasan
Konsep
Ayam Bakar Uhf adalah makanan yang didasarkan pada ayam yang dibakar dengan balutan bumbu nusantara yang rasanya pedas. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan untuk orang-orang yang ingin menikmati sensasi ayam bakar dengan citarasa pilihan pedas yang bikin hot harganya pun relatif murah dan rasa yang menggugah selera.
Manajemen
Usaha ayam bakar ufh ini didirikan oleh dua sejoli Bejo dan Surti yang ingin memberikan opsi kuliner untuk semua orang yang senang dengan sensasi rasa pedas yang bikin uhf.
Deskripsi Produk
Ayam Bakar Uhf mengambil konsep Ayam Bakar Pedas murah dengan dilengkapi balutan pilihan sambal yang dapat dipilih mulai dari Dabu-Dabu, Sambal Matah, sambal kecap, sambal ijo, sambal terasi dan lainnya.
Strategi Produk
Keunggulan Ayam Bakar Ufh terletak pada sajian balutan bumbu yang sangat unik serta varian sambal yang dapat dipilih sesuai selerah bersumber dari berbagai olahan sambel daerah di Indonesia.
Harga
Produk akan dijual dengan harga Rp 20.000 yang berisi ayam bakar, pilihan sambal sesuai selerah, lalapan dan nasi.
Promosi
Promosi akan dilakukan secara online dan ofline.
Sasaran Pasar
Target pasar mencapai semua kalangan mulai dari mahasiswa hingga masyarakat umum dan berbagai profesi dan kelas sosial.
Analisa SWOT
Kompetitor
Banyak penjual dengan model serupa dengan bisnis yang ada. namun , ayam bakkar ufh fokus dalam penyajian bumbu pada ayam bakar yang ditambahkan dengan pilihan sambal yang beraneka ragam.
Kelebihan
Untuk ayam bakar dengan baluran bumbu pedas s masih sangat kurang dengan ditambahkan dengan menyajikan banyak ankea sambal pilihan sehingga, ayam bakar ufh masih unggul.
Kelemahan
Kesamaan jenis produk yang dijual
Opportunity
Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.
Comments
Post a Comment